Kamis, 20 Mei 2010

Pengalaman PBS UGM "Tes Tulis PBS Part 2"

Sahabat-sahabat yang saya cintai, ini adalah lanjutan dari kisah PEngalaman PBS UGM "Tes Tulis PBS Part 1".

Yuk, langsung kita bongkar....


Ehem,
Setelah berpisah dengak K Odis aku langsung mencari informasi ruangan dan "gotcha" pas liat2 peta gitu aku sok-sok nunjuk-nunjuk gitu, tapi sebenernya kaga ngerti pisan ngebaca ntu peta, untung ada cowo yang cakeplah bisa dibilang dia nyebut2 "ruangan gw 5.04" dan langsung menuju ruangannya. Tanpa buang waktu dengan berlagak sok ngerti aku ngikutin dia. Sampai di gedungnya, alamak orang-orang pada ngantri di lift, mana dibedain lift cwo n cwe, emang di dalem mw ngapain pak??? Mau kencing bareng apa?? ampe dipisahin. Eh ternyata pengantri lift pada bodoh semua, kan ada tangga dengan palang penunjuk ruang 5.04 di lt.5. Kemudian aku langsung mendahului cowo cakep tadi dengan dalam hati berkata "Sori bos, ane dah tau, bye bye". Sesampainya di lt 5, dengan PD aku langsung memasuki koridor yang lumayan sempit karena telah dipenuhi para peserta yang menunggu ruangannya dibuka. Aku jalan dengan PD, aku tw aku diperatiin tp cuek aja, aku liat kanan kiri, KOK....... KAGA ada ruangannya, aku jalan lurus terus malah ketemu tangga lagi, duh mending gw tadi ngekor sama cowo yang tadi dah.... Akupun kembali ke koridor tadi namun dengan speed yang pelan, liat kanan kiri, eh akhirnya ketemu. Amin.... dan aku pun langsung berjalan lurus dan belok kanani, tak lain dan tak bukan tujuanku adalah toilet, mw ngaca, jelaslah sebelum tes mesti keren dulu. Bis itu aku melakukan hal yang tidak boleh dipublikasikan. Setelah itu aku kembali ke depan pintu ruangan 5.04. "Shit" panas dan gerah akhirnya aku kembali ke tangga yang sebelumnya untuk duduk di anak tangga. Detik yang berlalu menambah jumlah orang2 yang duduk di tangga itu. sekelompok orang duduk di tangga menuju kebawah dan orang2 yang kagak punya kelompok nyendiri di tangga dibagian atas termasuk gw. Waktu sudah menunjukan pukul setengah 8 dan harusnya dah mulai, jah gimana si UGM?? Ngaret jg sama kaya yang lain, akhirnya aku mulai risih sama kelompok anak2 yg mulai sok2 tebak2an rumus, gak mau kalah aku ambil buku catetanku, dan bolak-balok halaman (kagak tau yang gw baca apa). 15 menit kemudian para peserta masuk keruangannya, aku pun menuju ke ruanganku dan disambut oleh pengawas yang ramah. Saat masuk ruangan dan mencari kursi, gak nemu2, akupun ngecek lagi, jangan2 aku salah ruangan (lompat aja dah gw dari lt 5 kalo salah), ternyata bener ruangannya, akupun nebak2, kalo kursi kedua dari depan pojok kanan di deket jendela pasti punya gw, eh bener....
Leganya dah dapet kursinya. Sebelum tes mulai ada arahan dari 4 orang pengawas, saat mereka mulai mengarahkan aku liat kesebelah kiri ku ternyata NAUJUBILAH... Dalam hati, aku berkata "alamak, godaannya berat ni, gimana gw bisa konsentrasi dengan bener". JELAS ada cewek cakep, kulitnya putih, bajunya lengan buntung, terus celananya tu celana yang nyatu jg sama baju yang digantung dilengan, gw ga tau namanya apa, tapi kalian pasti tau, dan yang pasti tu celana di atas lutut... (gw aja yg biasanya cuek ma cewe model bgt ampe tercengan, pa lagi temen2 gw dikelas, bisa ileran mereka ngeliatnya, ampe tes selese geh mereka malah ngebanjirin gedung ama iler(hehehe). "Uhuk-uhuk", aku batuk beneran dilanjut dengan pura-pura batuk... Kemudian dalam hati berkata, "Jah, kalo gini caranya gw ngerjain soal dengan ngadep kesebelah kanan terus ah".. Namun sempat terpikir, perasaan disuru pake baju yang rapih dan sopan deh, rapih dan sopannya aja segini, apa lagi disuru pake baju bebas?? Ntar dia pake baju renang lagi. Dah akh jangan mikir yang aneh-aneh, aku mw tes. Jah Gara-gara dia aku jadi gak dengerin pengawas dan mesti baca lagi arahan yang ada dibuku yang ntar dibagiin. Akhirnya LJK dibagikan dan buku tes PBS, aku dah siap-siap pingin ngelahap soalnya. Setelah mengisi identitas akupun langsung membuka sesi 1 TES VERBAL, eh ada bunyi "klutuk-klutuk", bunyi rautan wanita penggoda itu jatuh. Akupun dengan sigap langsung mengambilkannya (kan kalo ngambilin ngeliat kebwah, jah, tambah kemana-mana dah pikiran gw) dan memberikan padanya seraya berkata "Nih", dia pun berkata "Mksi ya". Aku cuekin aja dan terus ngerjain soal. SHIT, kata2 apaan ni, koagulisi lah, implementasi, lah, dammit, gw cuma bisa beberapa doank. sedang asik mengerjakan soal tiba-tiba ada bunyi sialan "GHONG-GHONG", bunyi itu membuatku kaget yang menandakan 5 menit lg sesi pertama selesai. Pokoknya gitulah...... tes sesi 2 ada numerik (anjrit gw kelabakan), sesi 3 analisis (yang bagian 1 silogisme, gampang, santai ah ngerjainnya, eh bagian 2 ada himpunan, gampang bgt, dan bagian 3 ada analitis, anjrit banget, nyesel gw ngerjain soal yang lain santai-santai karna analitis butuh banyak waktu. Waktu dah mepet masih lumayan banyak yang ga keisi dan gw sulap "BIM SALA BIM, keisi semua". Akhirnya pensil 2b ku pun mulai bergerak2 sendiri dan tiba-tiba kulihat keisi semua dengan A semua bagi yang tak terjawan (CALVIN MEMANG HEBAT) dan LJK ditarik paksa oleh pengawas.
Kemudian kami mendapatkan waktu istirahat 15 menit,, akupun langsung meregangkan badan dan secara tidak sengaja rautan dia jatuh lagi dan aku ambilin lagi (liat kebawah lagi deh) seraya berkata sama dia "Niat banget si ngejatohin rautannya, eh tadi bisa ga numerik sama analisis yang akhirnya??". Dia pun menjawab "Aku gak bisa, payah deh". Aku pun bertanya lagi, "Kmu dari mana?", "aku dari bali", jawabnya. "Wah dari bali jauh-jauh kesini cuma bwt musingin kepala", ledekku. dia pun tersenyum manis.Setelah itu kami mulai berbincang-bincang sampai akhirnya dia memutuskan pergi ketoilet tanpa mengajakku(yaiyalah). Kemudian aku menyapa cowok berbadan besar yang ngambil farmasi yang berasal dari Tasikmalaya yang duduk dibelakang Cindy (namanya Aulia Cindy Ubay ternyata, aku ngintip kartu pesertanya dan dia ngambil Gizi Kesehatan) "Eh tadi bisa ga numerik sama analistisnya??". Dia pun menjawab dengan santai "Bisa". Dalem hati udah gak enak, kayanya yang bego cuma gw doank deh. Kemudian aku berbincang-bincang hangat dengan dia cukup lama.
Akhirnya yang ditunggu-tunggu dateng juga "SOAL MATDAS DAN ENGLISH" aku mw buktiin apa yang aku dah pelajarin selama 1 bulan full ini akan membuat soal matdasnya terbantai. Lembar pertama ku buka, DEG DEG, lembar kedua DEG DEG, lembar ketiga, DEG DEG DEG, lembar keempat sudah berisi soal bahasa inggris DEG DEG DEG, lembar ke empat sampat terakhir DEG DEG DEG DEG DUER!!!!
Aku pun cengingisan diantara peserta yang lain dan garuk-garuk kepala. Namun dalam hati ini merintih dan ingin berteriak "ANJRIT, soal MEREK apaan ni???? Bener-bener yang gw pelajarin ga ada yang keluar Pisan!!!! Gw cuma berpegang sama konsep!!! inilah dimana gw pertama kalinya ketemu sama soal MAHADEWA" (perlu diketahui, ternyata tingkat kesulitan soal PBS, LEBIH TINGGI dari utul UGM). Aku pun mulai mengerjakan soal, karena pegel ngadep kiri mulu aku "terpaksa" ngadep sebelah kanan dan melihat pemandangan yang membuyarkan konsentarasi. Aduh.......
Dan TTAAAAAAAAADDDDAAAAAAAAAA,
30 soal matdas berhasil aku kerjaan 5 soal. 2 soal jawabannya mendekati. "Gw dah kaya orang yang gak belajar pas ulangan padahal gw dah belajar mati-matian", kataku dalam hati. Abis itu ya tak lingkerin sebaris full AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA semua, bis itu BBBBBBBBBBBBBBBBBBBBB semua...
Ada soal matdas yang paling aku ingat. ADA 1000 balok kubus ditumpuk jadi satu dan membuat kubus yang besar. Jika seseorang mengecat kubus besar itu, dan kemudian dikembalikan kembali ke 1000 kubus kecil, ada berapa kubus yang tidak kena cat???( Udah Bos, mati aja tu yang ngecat kubus, ngapain pula ribet2 ngecat kubus, mending ngecat rumah gw)
Dan bahasa inggris, aku menggunakan konsep "English by Calvin". Dan hasilnya keisi semua (tapi gak tau bener pa kagak).... Setelah mengerjakan tes dalam hati hanya bisa berkata. "gw jauh-jauh ke jogja cuma buat ngisi asal2an doank, mati aja".
Tes pun selesai, aku langsung buru-buru kabur meninggalkan ruangan dan menuju ke depan gedung karena teman ku yang bertampang kriminal dan bokep, Gembong namanya dan temanku yang bertampang jenius dan bokep bernama Abi (bukan Babi). Mereka sudah menjemputku. Gembong mengendarai motor satria hitam dan abi mengendarai motor karisma yang merupakan motor pinjaman warga magelang. Kami memutuskan untuk makan, namun belum tau ingin makan dimana. Akupun dengan semangat berkata,"yuk berangkat". Gembong pun langsung membantah ku,"Jalan dari mana nyet? lw aja kaga bawa helm ntar kita ketilang goblok". "Lah emang kalo pake helm 1 ditangkep ya??", tanyaku dengan polos."Ini BUKAN Cikarang Calvin, Ini Jogjakarta.". Akhirnya kita membuat planning untuk jalan tanpa aku menggunakan helm, aku dibonceng oleh abi, dan gembong memimpin jalan untuk mengawasi ada polisi pa gak?? (Gw kaya bos mafia ya?? di kawal sama tampang bandit semua). Sampailah kita disebuah perempatan karena lampu merah menyala. Setelah lirik kanan kiri aku berbisik pada abi, "Woy bi, cepet Bi ada polisi". "Hah, mana??", Abi bertanya. Sambil menunjuk ke arah barat laut aku berkata"NOH, bukan polisi lagi Bi, tapi markasnya!!! Kantor Polisi !!!" Setelah lampu hijau menyala kita pun langsung kebut sambil aku menyembunyikan kepalaku dan sampai lah rumah makan yang cuma ada di jogja, KFC. Di sana aku menitipkan uang pada abi 20rb untuk membeli super panas, dan aku pun lebih memilih duduk daripada ngantri dengan alasan, "ngejagain tas". Namun sebelum duduk, aku mencuci tangan ku terlebih dahulu. Diperjalan menuju bangku, aku melihat gembong sedang mengobrol dengan seorang wanita kenalannya yang berkemeja kuning, wanita itu pun menatapku terpesona(kayanya siii begitu ,hahay) dan dengan dingin aku mengabaikan dia dan berkata pada gembong, "bong, lw ma abi yang pesen ya, gw jagain kursi". Diapun seperti biasanya menyindirku dengan kata-kata terselubung. Makananku pun sudah sampai, dan sebelum kami makan Gembong berkata,"Tu vin, temen gw yang tadi baju kuning mw kenalan ma lw, suka kali dia sama lw". Dengan sok dingin aku menjawab, "hah?" dan melanjutkan makan (hahahaha, aku laku kan di jogja??? Baru sehari dah 1 cewe pengen kenalan palagi kalo kuliah di UGM??? Jadi Playboy kelas atas dah). Oh ya mungkin ini gak pnting, tapi Gembong ini walaupun tampang mesum n kriminal, cewenya ada 2, dia jg tajir... ckckckckc...
Karena keasyikan berbincang-bincang akupun lupa waktu dan sudah jam setengah dua!!! Bis biasanya berangkat jam 3 dan aku belum pesan tiket. Akupun minta tolong sama Abi agar diantar ke Terminal Jombor. Sesampainya diterminal Jombor, aku langsung memesan tiket rosalia jurusan cikarang, ternyata tinggal satu tiket dan itu juga kursi xtra (kursi paling nyeremin, kita duduk disamping supir, jadi kaca bus di depan pisan, di part 5 gw critan hampir 3 kali mw nabrak, bayangin aja kalo lw dihantem kearah truck, terus pas jarak 1 meter lw diberentiin, kaya naik jetcoster dan kalo bus tabrakan otomatis yang modar yang di depan, gw, supir, ma kondektur....sumpah ngeri, DAN DISINILAH AWAL DARI KESIALANKU) dan setelah mendapat tiket aku berpisah dengan abi.. Gara-gara hal ini aku tidak bisa menepati janji ku untuk membelikan oleh-oleh pada teman-temanku..
Sebelum bus datang aku mengecash Hape ku, dan aku tertidur sambil tanganku menggenggam Hape ku, ternyata saat bis sampai, Hape ku hanya ke Cash sampai 50%. Gawat tenan ni...
Salam,

Bagi, sahabat-sahabat yang membutuhkan info tentang PBS UGM saya dengan senang hati akan membatu sahabat-sahabat yang membutuhkan informasi. Hubungi saya di facebook saya "Black Coffee"

1 komentar:

Anonim mengatakan...

di fb yg namananya black coffe banyak bgt -,-
share emailnya aja dong klo boleh :)

Posting Komentar